Awin Language

Selasa, 04 Desember 2012

rpp bahasa inggris


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran                  :  BAHASA INGGRIS
Program                             :  SPEAKING
Kelas / Semester                :  5 / 1 ( Gasal )
Pertemuan ke-                   :  2

Alokasi Waktu                  :  2 X 45 Menit
Standar Kompetensi          : 
1.      Memahami makna dalam percakapan dalam konteks kehidupan sehari-hari
2.      Mengungkapkan makna dalam teks percakapan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari


Kompetensi Dasar             : 
1.      Merespon makna dalam percakapan secara akurat, lancer, dan menggunakan ragam bahasa lisan yang melibatkan tindak tutur: Greeting expression
2.      Mengungkapan makna dalam ragam lisan secara akurat, lancar, yang melibatkan tindak tutur
Indikator                           : 
1.      Merespon dengan benar terhadap tindak tutur: Greeting expressing
2.      Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan: Greeting expressing


I.                    Tujuan Pembelajaran :

A.   Akademis
Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan percakapan yang menggunakan ungkapan Greeting

B.   Karakter
       Melakukan percakapan dengan menggunakan ungkapan Greeting Expression




II. Materi Pembelajaran
Contoh percakapan singkat memuat ungkapan tersebut:
Moko   : Good Morning my friends
Friends: Good Morning Moko
Moko   : How are you?
Friends: fine thank you and how are you Moko?
Moko   : fine thanks you


III. Metode Pembelajaran    :
Tanya jawab, praktek
IV.Langkah-langkah Pembelajaran

                                    Kegiatan Guru
Kegiatan siswa
Kegiatan awal
Tanya jawab dengan siswa tentang mengenai  kabar hari ini

Memberikan jawaban dari pertanyaan yang guru berikan
Kegiatan inti
Mengajak siswa mengilustrasikan sesuai dengan video
1.      Siswa mengikuti atau mengulang apa yang guru katakan
2.      Beberapa siswa mempraktekan dialog tersebut didepan kelas
3.      Siswa lain mendengarkan
Kegiatan Penutup
Review kembali percakapan dan memberikan tugas ke pada siswa

Siswa mendapat feedback dari guru dan mereview ungkapan yang digunakan

VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1.      LCD, Laptop dan Media Audio Visual (Proyektor)
2.      Sumber belajar

VI. Tagihan/Penilaian
1.      Teknik:            Performance Assesment
2.      Bentuk: Responding pada pertanyaan lisan dan dialog

Aspek yang dinilai:
Mendengarkan/Berbicara:
-       Tercapai tujuan (terhibur atau mendapatkan nilai moral yang  disampaikan)
-        Penggunaan ungkapan
-        Pengucapan, intonasi, tata bahasa, kosa kata
-        sikap
Membaca nyaring:
-        Pengucapan, intonasi, tata bahasa, kosa kata
-        Sikap

Cara penilaian:
-                    Tes lisan/tertulis
-                    Penilaian guru
-                    Penilaian teman


Rubrik Penilaian


Format Penilaian ‘Dialogue Expressing Happy and Unhappy
(Menggunakan Skala Penilaian)

Nama Siswa: ________                                        Kelas: _____
No.
Aspek Yang Dinilai
Nilai


1
2
3
4
1.
Content




2.
Fluency




3.
Language





a. Pronunciation and intonation





b. Grammar





c. Vocabulary




4.
Performance ( eye contact, facial expression,  gesture)




Jumlah




Skor Maksimum
20




Keterangan penilaian:
1 = tidak kompeten
2 = cukup kompeten
3 = kompeten
4 = sangat kompeten
Jika seorang siswa memperoleh skor 20 dapat ditetapkan ”sangat kompeten”, dan seterusnya sesuai dengan jumlah skor perolehan.
VII. Contoh Soal & Jawaban

Example :

Moko   : Good Morning my friends
Friends: Good Morning Moko
Moko   : How are you?
Friends: fine thank you and how are you Moko?
Moko   : fine thanks you

Exercise!

Task 1
Choose the best answer
1.      What does moko say in first dialog ?
a)      Good morning my friends
b)      Good afternoon
c)      Fine thank you
2.      What does moko say in second dialog?
a)      Good morning my friends
b)      Good afternoon
c)      Fine thank you
d)      How are you


Task 2
Choose one of these situations, and then practice it with your friend in front of class!
a.      Meet your friends in office
b.      By mobile phone









IX. Kriteria Penilaian
           
Lembar penilaian
No Soal
Kriteria penilaian
Nilai
Skor Maksimal
1
Menjawab dengan tepat
Menjawab kurang tepat
20
5
20
2
Menjawab dengan tepat
Menjawab kurang tepat
20
5
20
3
Menjawab dengan tepat
Menjawab kurang tepat
20
5
20
4
Menjawab dengan tepat
Menjawab kurang tepat
20
5
20
5
Menjawab dengan tepat
Menjawab kurang tepat
20
5
20
Jumlah Skor Akhir
100



X. Kategori Kelulusan
:
  0 – 76
77 – 80
81 – 90
91 – 100
: Siswa harus mengulang (remidi)
: Siswa lulus dengan nilai sedang
: Siswa lulus dengan nilai bagus
: Siswa lulus dengan nilai sangat bagus

                                                                   Malang, 7 November 2012
Ketua Program Keahlian,                                            Guru Mata Pelajaran,


Suhartono,S.Pd                                                        
NIP. 19720501 2005501 1 01
Mengetahui,
Kepala SDN 1 Asrikaton




Drs. H. WADIB SU’UDI, MM
 NIP. 19610531 198803 1 003



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar